Cara Menonaktifkan CD/DVD Drive dan Hard Disk Komputer

WritingSkills.web.id - Karena alasan tertentu, mungkin kita ingin menonaktifkan fungsi CD-ROM/ DVD-ROM drive atau hard disk yang ada di komputer kita, seperti menghindari pemakaian oleh orang lain. 

Trik berikut ini akan menjelaskan step-by-step bagaimana caranya kita dapat menghentikan fungsi dari CD-ROM / DVD-ROM drive dan hard disk.
Cara Menonaktifkan CD/DVD Drive & Hard Disk

Sebenarnya tips berikut ini tidak hanya untuk drive CD-ROM / DVD-ROM saja, melainkan bisa juga untuk semua drive yang terpasang pada komputer, seperti CD-RW Drive, DVD-RW Drive dan sebagainya.

Berikut cara untuk menghentikan fungsi dari drive :
1. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties.
2. Pada kotak System Properties, klik tab Hardware lalu tekan tombol Device Manager.
System Properties Windows XP

3. Klik tanda plus [+] pada tulisan DVD/CD–ROM drives. Kemudian akan muncul nama-nama drive yang ada di komputer kita.
4. Klik kanan pada drive yang ingin kita nonaktifkan, misalnya hard disk WDC WD. Maka klik kanan pada tulisan WDC WD kemudian pilih Disable. Pada kotak yang muncul piih Yes.
Device Manager Windows XP

5. Tutup kotak System Properties tersebut.
6. Maka kita bisa melihat hasilnya langsung melalui Windows Explorer. Buka windows explorer melalui klik kanan  pada menu Start lalu pilih explore.
7. Maka nama drive yang kita nonaktifkan tadi akan menghilang. Tips: Meskipun ada orang yang memasukkan kepingan CD/DVD maka drive tersebut tetap tidak akan berfungsi.

Jika kita ingin mengaktifkannya kembali maka maka kita bisa mengubah pilihan Disable tadi menjadi Enable.

Dengan demikian, kita dapat lebih meningkatkan keamanan pada terhadap perangkat komputer kita agar tidak dapat dipakai sembarang orang. Hal ini akan sangat berguna pada komputer yang dipakai untuk orang  banyak.

Trik menonaktifkan CD/DVD atau drive ini bisa juga diaplikasikan pada Windows 7, 8, 10, 11 yaitu dengan mengklik kanan Computer > Properties > Device Manager.

COMMENTS

Nama

American British English Differences,3,Belajar C#,6,Belajar Coding,50,Belajar HTML,11,Belajar JavaScript,9,Belajar PHP,1,Belajar Python,30,Business Letter,21,Business Letter Style,8,Business Letter Style Organization,3,Business Letter Style Outlook,2,Business Letter Style Tone,3,Business Memo,3,Chord Gitar,2,Dasar-Dasar C#,6,Dasar-Dasar HTML,11,Dasar-Dasar JavaScript,7,Dasar-Dasar PHP,1,Download,1,English Grammar,13,French Tutorial,3,Info Unik,12,Internet,2,Layout Formats,2,Letter Examples,6,List of Expressions,13,Main Gitar,9,Memo Examples,3,MS. Word Tutorial,4,Operator Perbandingan Python,4,Proyek JavaScript,2,Proyek Python,9,Psikotes,1,Redundancy,2,Sample of Letters,1,Statement if Python,6,While Loops Python,3,Writing Tutorial,25,
ltr
item
Writing Skills: Cara Menonaktifkan CD/DVD Drive dan Hard Disk Komputer
Cara Menonaktifkan CD/DVD Drive dan Hard Disk Komputer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXrI3kB5xSPotKyUDQVIpmR45Xqe6jFaZ9-tOlG_qncS3XOp5ckiAjET1SHQrNZmZ0SmZBBKMazFCSPQF6FWaL-MhuD--9L8R3zki1GH7enzy-S5XVKOQ89YFnA5_AAkETFJC6HswL0aHKDwvzqOUvPokz9WSSgIVsrMYPt3E4MuQei4HrNC4S--_w/w640-h320/Cara-Menonaktifkan-CD-DVD-Drive-Hard-Disk.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXrI3kB5xSPotKyUDQVIpmR45Xqe6jFaZ9-tOlG_qncS3XOp5ckiAjET1SHQrNZmZ0SmZBBKMazFCSPQF6FWaL-MhuD--9L8R3zki1GH7enzy-S5XVKOQ89YFnA5_AAkETFJC6HswL0aHKDwvzqOUvPokz9WSSgIVsrMYPt3E4MuQei4HrNC4S--_w/s72-w640-c-h320/Cara-Menonaktifkan-CD-DVD-Drive-Hard-Disk.jpg
Writing Skills
https://www.writingskills.web.id/2024/03/cara-menonaktifkan-cd-dvd-hard-disk.html
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/2024/03/cara-menonaktifkan-cd-dvd-hard-disk.html
true
3599370990183318253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content