Cara Merawat CD-RW atau DVD-RW agar Tidak Mudah Rusak

WritingSkills.web.id - Istilah CD-RW atau DVD-RW menunjukkan kalau CD atau DVD drive tersebut bisa digunakan untuk Read dan Write, yaitu membaca data dan menyimpan data dalam Compact Disc (CD) melalui proses burning. Istilah lain CD-R atau DVD-R berarti CD atau DVD drive tersebut hanya bisa melakukan proses Read, yaitu membaca data saja, tidak bisa melakukan proses penyimpanan data ke dalam media disk (burning).
Tips Merawat dan Meningkatkan Performa CD-RW dan DVD-RW

CD-RW dan DVD-RW mempunyai fungsi yang penting sebagai media penyimpanan alternatif. Kita dapat membuat backup data-data penting yag disimpan di dalam disk untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti hard disk yang rusak (data tidak terbaca, bad sector, dll) atau bencana (kebakaran, banjir, dll). Tips berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara merawat dan meningkatkan performa CD-RW atau DVD-RW agar awet dan tidak cepat rusak.

Untuk memaksimalkan kinerja CD-RW atau DVD-RW cobalah tips dan trik berikut:

1. Bersihkan optik

Optik sebagai bagian utama dari sebuah barang elektronik sering menjadi sumber utama munculnya masalah. Bersihkan optik CD-RW atau DVD-RW dengan cairan khusus pembersih optik yang banyak tersedia di toko komputer.

2. Hindari menyentuh lensa

Usahakan tidak pernah menyentuh langsung lensa CD-RW atau DVD-RW. Hal ini akan mengotori lensa dan akibatnya membuat  CD-RW atau DVD-RW tidak bisa membaca CD.

3. Gunakan drive CD-RW atau DVD-RW khusus untuk burning

Usahakan CD-RW atau DVD-RW hanya dipergunakan untuk melakukan proses burning saja karena hal ini akan mempengaruhi performa yang dihasilkan. Jika sering menggunakan CD-RW atau DVD-RW untuk proses baca, terlebih untuk membaca kepingan CD atau DVD bajakan, hal itu dapat menurunkan kualitas optik dari CD-RW atau DVD-RW itu sendiri. Lama kelamaan optik CD-RW atau DVD-RW menjadi lemah.

4. Pisahkan kabel data dari harddisk

Gunakan kabel data CD-RW atau DVD-RW yang terpisah dari hardisk kamu. Jika hanya ada satu kabel data dalam komputer yang berarti menguhubungkan kabel data hard disk dengan CD-RW atau DVD-RW drive, sebaiknya membeli kabel data lagi khusus untuk CD-RW atau DVD-RW drive.

5. Gunakan kecepatan yang rendah saat burning

Gunakan kecepatan yang rendah saat proses pembakaran (burning), misal 4x atau 8x. Hal ini akan mencegah kerusakan CD dan data yang tidak bisa terbaca. Memang dengan kecepatan rendah proses burning akan lama, tapi kecepatan yang rendah dapat menjamin keberhasilan dan keakuratan pada proses penyalinan data. Setidaknya data disalin ke dalam CD aman dan bisa terbaca. Walaupun CD-RW atau DVD-RW kamu memiliki spesifikasi kecepatan yang tinggi, misalkan bisa digunakan dengan kecepatan 32x atau 16x, seringkali saat verifikasi data, ada beberapa bagian data yang tidak bisa terbaca dalam CD.

6. Menggunakan kepingan CD/DVD yang berkualitas

Kamu dapat menggunakan kepingan CD/DVD yang berkualitas untuk bisa digunakan dalam proses burning dengan kecepatan tinggi. Tentunya CD/DVD yang berkualitas dapat meningkatkan performa CD-RW/DVD-RW kamu. Beberapa merek kepingan CD/DVD yang populer adalah Verbatim, Mediatech dan sebagainya.

7. Gunakan perangkat lunak burning versi terbaru

Menggunakan software pembakar yang terbaru dapat meningkatkan CD-RW atau DVD-RW. Biasanya pada versi yang lebih baru terdapat fitur-fitur baru atau kestabilan yang ditingkatkan. Misalkan kamu menggunakan software burning Nero maka gunakalah versi terbaru.

8. Atur Setting BIOS

Sesuaikan pengaturan  pada BIOS dengan kecepatan dari CD-RW atau DVD-RW drive itu sendiri. Gunakan pengaturan Transfer Mode yang sesuai.


Itulah tips dan trik merawat dan meningkatkan performa CD-RW dan DVD-RW, selamat mencoba! 

COMMENTS

Nama

American British English Differences,3,Belajar C#,6,Belajar Coding,50,Belajar HTML,11,Belajar JavaScript,9,Belajar PHP,1,Belajar Python,30,Business Letter,21,Business Letter Style,8,Business Letter Style Organization,3,Business Letter Style Outlook,2,Business Letter Style Tone,3,Business Memo,3,Chord Gitar,2,Dasar-Dasar C#,6,Dasar-Dasar HTML,11,Dasar-Dasar JavaScript,7,Dasar-Dasar PHP,1,Download,1,English Grammar,13,French Tutorial,3,Info Unik,12,Internet,2,Layout Formats,2,Letter Examples,6,List of Expressions,13,Main Gitar,9,Memo Examples,3,MS. Word Tutorial,4,Operator Perbandingan Python,4,Proyek JavaScript,2,Proyek Python,9,Psikotes,1,Redundancy,2,Sample of Letters,1,Statement if Python,6,While Loops Python,3,Writing Tutorial,25,
ltr
item
Writing Skills: Cara Merawat CD-RW atau DVD-RW agar Tidak Mudah Rusak
Cara Merawat CD-RW atau DVD-RW agar Tidak Mudah Rusak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBNBbzwtoJiUd2Lri-xl1AmHctBgylc70MRXAfJ2uPq0rIMXEl7nbehbiyFborwrHk6uUgriaUxVdVcpWQWTzd-o-ZGh5nwWrdjYs1NMOjuWdwtZ6WMoHozjddXPyj6OQO8cFfi6ucUAEJ07nLOpanlEGourprH3IcFqaJ95Uv9DQQ4aJbm3LApSy4/w640-h320/Tips-Merawat-Meningkatkan-Performa-CD-RW-dan-DVD-RW.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBNBbzwtoJiUd2Lri-xl1AmHctBgylc70MRXAfJ2uPq0rIMXEl7nbehbiyFborwrHk6uUgriaUxVdVcpWQWTzd-o-ZGh5nwWrdjYs1NMOjuWdwtZ6WMoHozjddXPyj6OQO8cFfi6ucUAEJ07nLOpanlEGourprH3IcFqaJ95Uv9DQQ4aJbm3LApSy4/s72-w640-c-h320/Tips-Merawat-Meningkatkan-Performa-CD-RW-dan-DVD-RW.jpg
Writing Skills
https://www.writingskills.web.id/2024/03/tips-trik-merawat-cd-rw-dan-dvd-rw.html
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/2024/03/tips-trik-merawat-cd-rw-dan-dvd-rw.html
true
3599370990183318253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content