Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#: Namespace, Class

  WritingSkills.web.id - Pada tutorial kali ini, kita akan membongkar struktur atau structure dari program yang dibuat dengan menggunakan ...

 Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#

WritingSkills.web.id - Pada tutorial kali ini, kita akan membongkar struktur atau structure dari program yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C# dan memahami bagaimana struktur-struktur itu memiliki fungsinya masing-masing.

Semua kode yang dibutuhkan untuk membuat program C# yang valid, yang menampilkan output sebaris teks sederhana adalah kode berikut:
using System;

public class Program
{
     public static void Main(string[] args)
     {
       Console.WriteLine("Hai kalian!");
     }
}
Contoh Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#

Kita telah mempelajari tentang method Console.WriteLine untuk menampilkan output, dan sekarang kita akan membahas kode yang lainnya.

Namespaces di Bahasa C#

Namespace digunakan di dalam bahasa C# untuk menyusun dan membuat pemisahan kode. Namespace mengkategorikan elemen-elemen berbeda dengan memasukkan bagian-bagian yang berhubungan di dalam satu namespace yang sama.

Kode pada baris pertama menentukan namespace System dengan menggunakan keyword using. Keyword using digunakan untuk memasukkan namespace di dalam sebuah program.
using System;

Namespace
System adalah sebuah namespace standar yang berisikan fungsionalitas atau functionalities yang berbeda-beda, seperti method Console.WriteLine yang sudah kita pelajari.

Hal ini berarti bahwa method Console.WriteLine ditentukan di dalam namespace System.

Namespace tidak wajib di dalam program C#, tetapi memiliki peranan penting dalam membuat kode yang lebih rapi dan mengatur proyek-proyek yang lebih rumit. Selain itu, tidak menentukan namespace System mengharuskan kita menuliskan kode System.Console.WriteLine alih-alih menuliskan kode Console.WriteLine. Jadi, pada dasarnya, menggunakan namespace mempermudah penulisan kode dan membuat kode lebih mudah dibaca.

Berikut adalah kode yang sama tanpa menggunakan namespace System:
public class Program
{
     public static void Main(string[] args)
     {
            System.Console.WriteLine("Hai kalian!");
     }
}
Contoh Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#

Perhatikan tanda titik (.) pada kode di atas. Tanda titik adalah sebuah operator yang digunakan untuk mengakses bagian-bagian dari namespace atau class.

Class di Bahasa C#

Baris kode berikutnya di dalam sebuah program menentukan sebuah class bernama Program menggunakan keyword class.
using System;

public class Program

Di dalam bahasa C#, membuat sebuah class adalah wajib agar program bisa dieksekusi.

Keyword
public adalah sebuah access modifier yang digunakan untuk mendeklarasikan aksesibilitas sebuah class dan bagian-bagiannya.

Sebuah class dibuka dan ditutup dengan tanda kurung kurawal {}, seperti di bawah ini:
public class Program
{

}

Setiap kode yang ingin kita masukkan di dalam sebuah class harus diletakkan di dalam kurung kurawal. Kurung kurawal ini digunakan untuk menentukan ruang lingkup dari class tersebut.

Sebuah program C# memerlukan satu hal lagi yang harus kita buat, yaitu method Main di dalam class.
using System;

public class Program
{
     public static void Main(string[] args)
     {
       Console.WriteLine("Hai kalian!");
     }
}

Di dalam bahasa C#, setiap aplikasi memiliki entry point atau titik awal, yaitu sebuah method yang dinamakan Main. Method Main harus dideklarasikan seperti kode di atas. Kita akan mempelajari tentang tiap keyword dari method Main di tutorial berikutnya, yaitu tentang mehods di dalam bahasa C#.
public static void Main(string[] args)
{
       Console.WriteLine("Hai kalian!");
}

Seperti yang terlihat dari kode di atas method Main hampir sama dengan class, yaitu dibuka dan ditutup dengan kurung kurawal {}.

Method Main berisi kode-kode yang akan dieksekusi saat kita menjalankan program yang dibuat. Dalam contoh di atas, method Console.WriteLine-lah yang akan dieksekusi.

Method Main bisa berisikan multiple statements, seperti contoh berikut:
using System;

public class Program
{
     public static void Main(string[] args)
     {
       Console.WriteLine("Hai kalian!");
       Console.WriteLine("Kalian berhasil melakukannya!");
       Console.WriteLine("Pertahankan terus!");
     }
}

Output dari coding di atas adalah:
Hai kalian!
Kalian berhasil melakukannya!
Pertahankan terus!
Contoh Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#

Kesimpulan dari tutorial tentang Struktur program C#, Namespace dan Class ini adalah sebagai berikut:
  1. Kita bisa memasukkan sebuah namespace di dalam program menggunakan keyword using.
  2. Di dalam bahasa C#, membuat sebuah class adalah wajib untuk pengeksekusian program.
  3. Setiap aplikasi di bahasa C# memiliki titik awal, yaitu sebuah method yang disebut Main.
  4. Class dan method dibuka dan ditutup dengan simbol kurung kurawal {}, yang menunjukkan ruang lingkup dari class dan method tersebut.

COMMENTS

Nama

American British English Differences,3,Belajar C#,6,Belajar Coding,47,Belajar HTML,11,Belajar JavaScript,6,Belajar PHP,1,Belajar Python,30,Business Letter,21,Business Letter Style,8,Business Letter Style Organization,3,Business Letter Style Outlook,2,Business Letter Style Tone,3,Business Memo,3,Chord Gitar,2,Dasar-Dasar C#,6,Dasar-Dasar HTML,11,Dasar-Dasar JavaScript,6,Dasar-Dasar PHP,1,Download,1,English Grammar,13,French Tutorial,3,Info Unik,12,Internet,2,Layout Formats,2,Letter Examples,6,List of Expressions,13,Main Gitar,9,Memo Examples,3,MS. Word Tutorial,4,Operator Perbandingan Python,4,Proyek Python,9,Psikotes,1,Redundancy,2,Sample of Letters,1,Statement if Python,6,While Loops Python,3,Writing Tutorial,25,
ltr
item
Writing Skills: Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#: Namespace, Class
Struktur Program yang Dibuat dengan Bahasa C#: Namespace, Class
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjga2g0B0VIEmkjlf5Av408Pa4qKB628zEqxRtn8csTdm5Arfdngpuu2pzkumtrtLBI6ZXzbad49IRz1cltx7nyfipO3mk9DiA4xwBxy1CSOt8jNxCu_ZnyeZK5CqBCvjL6y3WZkesxLeVi_gpdIq221ls3kIoOJsCZPnLnb4wVY-z8i2kd8AskOHpXMLpd/w640-h320/Struktur-Program-Dibuat-dengan-Bahasa-C.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjga2g0B0VIEmkjlf5Av408Pa4qKB628zEqxRtn8csTdm5Arfdngpuu2pzkumtrtLBI6ZXzbad49IRz1cltx7nyfipO3mk9DiA4xwBxy1CSOt8jNxCu_ZnyeZK5CqBCvjL6y3WZkesxLeVi_gpdIq221ls3kIoOJsCZPnLnb4wVY-z8i2kd8AskOHpXMLpd/s72-w640-c-h320/Struktur-Program-Dibuat-dengan-Bahasa-C.jpg
Writing Skills
https://www.writingskills.web.id/2023/07/struktur-program-dibuat-dengan-bahasa-c.html
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/2023/07/struktur-program-dibuat-dengan-bahasa-c.html
true
3599370990183318253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content