Troubleshooting Komputer Tidak Menyala dan Solusinya

WritingSkills.web.id - Mungkin kamu pernah mengalami kendala seperti ketika sedang menyalakan komputer namun tidak ada respons sama sekali, dan mungkin lampu komputer yang biasanya menyala, sekarang tidak. Informasi di bawah ini mungkin bisa membantumu.

Troubleshooting Komputer Tidak Menyala & Solusinya

1. Periksa Kabel Power di Komputer

Yang perlu kamu periksa dahulu adalah apakah kabel power di komputer kamu terpasang dengan baik (tidak longgar). Periksalah semua kabel yang menghubungkan komputer, monitor, UPS atau stabilizer, apakah terpasang pada sumber listrik. Bisa juga UPS atau stabilizer kamu rusak kalau tidak ada masalah pada kabel. Coba jangan gunakan UPS atau stabilizer dahulu, lihat apakah komputer kamu menyala.

2. Kembalikan Pengaturan Komputer Sebelumnya 

Ingat-ingat dahulu apakah kamu melakukan perubahan pada komputer sebelumnya, seperti mengubah voltase power supply, memindahkan komputer atau mengutak-atik bagian dalam komputer, atau mengubah setting BIOS. Coba kamu kembalikan seperti semula atau periksa kembali bagian yang pernah kamu sentuh apakah terpasang dengan benar.

3. Reset BIOS

Kalau kamu mengubah setting BIOS dan kamu tidak bisa mengubahnya kembali karena komputer tidak ada respon maka kamu perlu me-reset BIOS secara manual. Baca buku petunjuk mainboard kamu pada bagian mereset BIOS. Lakukan dengan benar.

4. Periksa Apakah VGA Card atau Memori RAM sudah Terpasang dengan Benar

Apakah komputer kamu mengeluarkan suara bunyi “beep” panjang atau berulang-ulang? Kalau iya, mungkin VGA card atau memori kamu tidak terpasang dengan baik. Cobalah buka penutup casing komputer dan cek dahulu, atau cabut pasang VGA card atau memori jika kamu sudah yakin itu penyebabnya. Baca juga Macam-Macam Suara "Beep" Komputer Saat Menyala (Booting) & Artinya.

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, tetapi komputer tetap tidak menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komputer kamu. Pada umumnya kerusakan yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.
  1. Kerusakan biasanya pada power supply, bila lampu komputer tidak menyala sama sekali.
  2. Kerusakan pada VGA card, mainboard dan memori, bila komputer menyala tetapi layar monitor gelap. Kerusakan tertentu pada harddisk juga bisa menyebabkan hal itu.
  3. Kerusakan pada layar monitor (LCD), bila komputer menyala dan ada suara beep satu kali dan lampu harddisk menyala, dan semua kipas berjalan.

Kalau kamu mempunyai cadangan sparepart di atas dan kebetulan kamu memiliki kemampuan untuk memasang komponen tersebut, kamu bisa melakukannya sendiri. Jika tidak, sebaiknya hubungi toko komputer atau orang yang ahli dalam bidang ini.

Jika komputer kamu masih dalam masa garansi, sebaiknya hubungi toko yang menjualnya. Jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri karena garansi bisa hangus jika kamu melepas komponen tertentu.

COMMENTS

Nama

American British English Differences,3,Belajar C#,6,Belajar Coding,50,Belajar HTML,11,Belajar JavaScript,9,Belajar PHP,1,Belajar Python,30,Business Letter,21,Business Letter Style,8,Business Letter Style Organization,3,Business Letter Style Outlook,2,Business Letter Style Tone,3,Business Memo,3,Chord Gitar,2,Dasar-Dasar C#,6,Dasar-Dasar HTML,11,Dasar-Dasar JavaScript,7,Dasar-Dasar PHP,1,Download,1,English Grammar,13,French Tutorial,3,Info Unik,12,Internet,2,Layout Formats,2,Letter Examples,6,List of Expressions,13,Main Gitar,9,Memo Examples,3,MS. Word Tutorial,4,Operator Perbandingan Python,4,Proyek JavaScript,2,Proyek Python,9,Psikotes,1,Redundancy,2,Sample of Letters,1,Statement if Python,6,While Loops Python,3,Writing Tutorial,25,
ltr
item
Writing Skills: Troubleshooting Komputer Tidak Menyala dan Solusinya
Troubleshooting Komputer Tidak Menyala dan Solusinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoGfrQQ4L1w4jIDoF1lhDOfyTc3q841xPmCD5695t7FrxlAmjsAlc57Q3gH14QUhXac6EkNKCJGcy5UxVjuaLF_-65wYeObmd-nhiRVBBe3XnCDrjCKjIz4M9NBeRFdHJ_sqa-B-qlSXFFEMQkgvgiNz0sP1w8H6NUmlt9E5Vcy4G1XbqGOP_5Lw74/w640-h320/Troubleshooting-Komputer-Tidak-Menyala-Solusinya.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoGfrQQ4L1w4jIDoF1lhDOfyTc3q841xPmCD5695t7FrxlAmjsAlc57Q3gH14QUhXac6EkNKCJGcy5UxVjuaLF_-65wYeObmd-nhiRVBBe3XnCDrjCKjIz4M9NBeRFdHJ_sqa-B-qlSXFFEMQkgvgiNz0sP1w8H6NUmlt9E5Vcy4G1XbqGOP_5Lw74/s72-w640-c-h320/Troubleshooting-Komputer-Tidak-Menyala-Solusinya.jpg
Writing Skills
https://www.writingskills.web.id/2022/12/troubleshooting-komputer-mati-solusinya.html
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/2022/12/troubleshooting-komputer-mati-solusinya.html
true
3599370990183318253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content