4 Jenis Gitar Populer: Elektrik, Semi-Akustik, Akustik Klasik, Akustik

4 Jenis Gitar Paling Sering Digunakan: Gitar Elektrik, Semi-Akustik, Akustik, Akustik Klasik

WritingSkills.web.id - Gitar adalah alat musik petik berdawai senar. Gitar dapat menghasilkan melodi dan akor dalam jumlah dan variasi yang lebih banyak dibandingkan dengan alat musik lain. Ada 4 Jenis Gitar yang ada di pasaran:
  1. Gitar Elektrik (Listrik)
  2. Gitar Semi-Akustik
  3. Gitar Akustik Klasik
  4. Gitar Akustik


1. Gitar Elektrik

Gitar Elektrik pada umumnya memiliki 3 bagian utama:
  1. Senar baja (steel string)
  2. Pickups
  3. Pengatur volume atau nada

Gitar listrik Gibson berbahan kayu padat

Gitar elektrik dibuat dari dua jenis kayu, yaitu kayu lapis/tripleks dan kayu padat. Kedua jenis kayu tersebut mempengaruhi berat dan suara gitar dan tentunya harga gitar elektrik.

Dengan bahan kayu lapis, gitar dibuat dengan menumpuk beberapa lembar kayu lapis. Jenis gitar dari bahan kayu lapis ini lebih ringan dan harganya murah. Gitar ini cocok bagi pemula yang ingin membeli gitar listrik. Gitar jenis ini biasanya dibuat dengan meniru gitar asli yang harganya mahal.

Bahan pembuat gitar yang kedua adalah kayu padat. Jenis gitar dari bahan kayu padat ini lebih berat. Suara yang dihasilkan lebih bagus dan biasanya dibuat dengan pickups yang berkualitas tinggi. Gitar jenis ini biasanya dibuat oleh perusahaan bermerek terkenal dan tentunya harganya sangat mahal.

2. Gitar Semi-Akustik

Jenis gitar semi akustik bisa dimainkan sebagai gitar akustik sekaligus gitar listrik. Ada bermacam-macam bentuk gitar semi akustik. Gitar semi akustik dibuat untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan tentunya harganya sangat mahal. Tidak disarankan bagi gitaris pemula.
Gitar semi akustik

3. Gitar Akustik Klasik



Gitar akustik klasik Spanyol

Gitar akustik klasik paling pas untuk gitaris pemula. Senar yang dipasang pada gitar akustik klasik adalah 3 senar nilon dan 3 senar baja. Jadi, komposisi senar nilon tersebut membuatnya lebih nyaman digunakan. Gitar jenis ini lebih murah dan lebih mudah perawatannya. Neck pada gitar akustik klasik lebih lebar dibandingkan dengan gitar akustik standar lainnya. Gitar akustik klasik dibuat tanpa pickups sehingga simple digunakan. Gitar akustik klasik disebut juga dengan gitar Spanish Classic Acoustic.

4. Gitar Akustik

Tipe gitar akustik ini mirip gitar akustik klasik. Perbedaannya adalah semua senar yang dipasang pada gitar akustik adalah senar baja. Selain itu, pada gitar akustik yang harganya lebih mahal, pengatur volume, nada, treble dan bass sudah terpasang.

Gitar akustik dengan pengatur volume, nada, bass, treble.

Untuk masalah kenyamanan, gitar akustik klasik lebih nyaman karena 3 senar yag dipasang adalah senar nilon. Sebaliknya, gitar akustik yang dipasangi 6 buah senar baja terasa keras pada jemari kamu.

Beberapa jenis gitar akustik memang tidak dipasangi pickups. Kamu bisa membeli satu set pickups dan memasangnya sendiri pada gitar akustik kamu. Lalu, sambungkan pada amplifier.

Jenis gitar akustik yang dipasangi 12 senar memiliki suara yang merdu. 6 senar diatur dengan nada standar dan 6 senar lainnya dengan nada yang sedikit berbeda. Gitar akustik bersenar 12 tidak cocok digunakan untuk melodi tapi untuk rhythm suara yang dihasilkan sangat bagus.

COMMENTS

Nama

American British English Differences,3,Belajar C#,6,Belajar Coding,50,Belajar HTML,11,Belajar JavaScript,9,Belajar PHP,1,Belajar Python,30,Business Letter,21,Business Letter Style,8,Business Letter Style Organization,3,Business Letter Style Outlook,2,Business Letter Style Tone,3,Business Memo,3,Chord Gitar,2,Dasar-Dasar C#,6,Dasar-Dasar HTML,11,Dasar-Dasar JavaScript,7,Dasar-Dasar PHP,1,Download,1,English Grammar,13,French Tutorial,3,Info Unik,12,Internet,2,Layout Formats,2,Letter Examples,6,List of Expressions,13,Main Gitar,9,Memo Examples,3,MS. Word Tutorial,4,Operator Perbandingan Python,4,Proyek JavaScript,2,Proyek Python,9,Psikotes,1,Redundancy,2,Sample of Letters,1,Statement if Python,6,While Loops Python,3,Writing Tutorial,25,
ltr
item
Writing Skills: 4 Jenis Gitar Populer: Elektrik, Semi-Akustik, Akustik Klasik, Akustik
4 Jenis Gitar Populer: Elektrik, Semi-Akustik, Akustik Klasik, Akustik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1HjgM-_bhf8VqxxDu3orUmR14CM5-hvhMgL1Vl4rq-oaRBiMXXHRruY83KYszsm4I3YrEheVWfTbjO8lqZf1DzyJTJPsyMfCX_zPRYPQKLv-h-Iv7Kbi5WhGdCM_WM5KXLQSgN--mKA_sig68oYXM3FrDyeat0M0I-DcBX3RCIMl-FbstHovScziy/w640-h320/4-Jenis-Gitar-Listrik-Akustik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1HjgM-_bhf8VqxxDu3orUmR14CM5-hvhMgL1Vl4rq-oaRBiMXXHRruY83KYszsm4I3YrEheVWfTbjO8lqZf1DzyJTJPsyMfCX_zPRYPQKLv-h-Iv7Kbi5WhGdCM_WM5KXLQSgN--mKA_sig68oYXM3FrDyeat0M0I-DcBX3RCIMl-FbstHovScziy/s72-w640-c-h320/4-Jenis-Gitar-Listrik-Akustik.jpg
Writing Skills
https://www.writingskills.web.id/2022/11/4-gitar-paling-sering-digunakan-akustik.html
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/
https://www.writingskills.web.id/2022/11/4-gitar-paling-sering-digunakan-akustik.html
true
3599370990183318253
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content